Ruas Sicincin - Padang Pajang Putus Total, BPJN Sumbar dan BWSS V Padang Kerahkan Team dan Alat Berat

SUMBAR - Curah hujan yang tinggi pada, Sabtu (11/05/2024) telah memicu terjadinya banjir lahar dingin di kawasan Agam, Padang Panjang, Bukit Tinggi, Tanah Datar dan sekitarnya. Bahkan, beberapa ruas jalan nasional juga ikut longsor.


Adapun titik-titik lokasi yang terdampak yakni, wilayah Galuang Sungai Pua Agam, Bukit Batabuah, Lembah Anai, Koto Tuo Agam dan lainnya. Dan longsor telah menyebabkan akses jalan Padang - Bukittinggi lumpuh total.

Untuk mengantisipasi dampak ini, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang (BWSS V Padang) dan Balai Pelaksana Jalan Nasional Sumbar (BPJN Sumbar) telah mengirim tim serta alat berat menuju lokasi terdampak bencana.


"Kita telah kirim tim ke lapangan, dan untuk peralatan kita kirim ke Agam satu alat berat, ke Tanah Datar satu alat Excavator pc 200," ungkap Muhammad Dian Al Ma'ruf, Kepala Balai BWSS V Padang pada awak media, Minggu (12/05).


Terpisah, Thabrani, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Sumbar (BPJN Sumbar) menjelaskan "Ruas Sicincin - Padang Pajang  putus total".


"Ada 7 titik badan jalan longsor, 3 titik putus total dari KM 64+500 s/d 67+600 lokasi kawasan Lembah Anai.


"Tim sudah dilapangan, dan alat-alat sedang menuju lapangan, kami upayakan segera bisa fungsional kembali untuk lalulintas, mohon doa dan dukungannya," ucap Thabrani, Minggu (12/05/2024).

Dilokasi tragedi, terlihat rumah warga roboh, motor, mobil dan truk tergulingan dihempas banjir. Menurut informasi sementara, dikabarkan empat belas orang meninggal akibat bencana ini.


*


Topik Terkait

Baca Juga :